Selasa, 28 Februari 2012

Saat B-Chan Menyapa Dunia

       
    Hmm, blog ini terabaikan sekali tampaknya. Padahal tadinya niatnya mau bikin dokumentasi selama hamil, apa daya males nulisnya. Tapi, posting kali ini perlu sekali untuk ditulis dan disampaikan kepada khalayak ramai. Meskipun udah 2 bulan tertunda, tapi gue akan mencoba mendeskripsikannya seakurat mungkin karena yah...I know I won’t forget that day. Jadi, inilah dia kisah tentang bagaimana Bebichan yang pada saat itu telah diyakini 90 persen berjenis kelamin laki-laki, tapi masih dipikirkan nama pastinya, pertama kali menghirup oksigen di bumi ini.
                Hari itu hari Kamis, tgl 29 Desember 2011. Kehamilan gue udah memasuki minggu ke-38, udah berat banget rasanya bawa perut. Perkiraan B-chan (demikianlah kemudian Bebichan lebih sering disapa) lahir tgl 5 Januari 2012. Memang ada kemungkinan maju atau mundur, tapi gue memiliki firasat ngaco bahwa B-chan akan lahir pada tgl 1 Januari.
                Suami gue alhamdulillah saat itu telah mendampingi gue, kebetulan memang lagi liburan natal dan tahun baru di kampusnya, dan kalo sampe dia nggak pulang gue udah sesumbar setelah B-chan lahir tiap hari akan memperlihatkan foto bapaknya sambil bilang, ”Ini Om Fajar namanya ya, Nak...” (hehe, kidding!). Gue udah cuti sekitar satu mingguan waktu itu, jadi gue udah di Bandung di rumah Bokap Nyokap. Rasanya nyaman dan hepi, ada suami, ada keluarga. Kesepian gue sepanjang menjalani kehamilan ini rasanya terobati. Sebelum suami gue dateng, gue sempet nangis liat ada ibu hamil lewat di depan rumah lagi jalan-jalan pagi sama suaminya. Jadi it felt so happy saat akhirnya gue bisa seperti ibu hamil tersebut, didampingin suami jalan-jalan pagi.
                Gue harusnya kontrol ke dokter kandungan tanggal 28 Desember, tapi waktu itu ujan gede dan nggak ada yang nganterin. Males naek angkot membuat gue memutuskan untuk ke dokter besoknya aja. Siapa yang mengira tanggal 28 itu gue mulai merasakan apa yang disebut kontraksi.
                Oke, kronologis ah ceritanya. Jadi sekitar menjelang malem jam 9nan gitu gue merasakan perut gue sakit, kayak perih perih nggak enak gitu. Berhubung ini kehamilan pertama, gue nggak tau rasanya kontraksi kayak apa. Gue pikir ini maag gue kambuh apa ya? Tapi semakin malam perut gue terasa semakin nyeri, yupp nyeri, bukan mules seperti yang gue bayangin. Dan lucunya nyerinya periodik, sebentar dateng sebentar ilang. Tapi masih bisa ditoleransi nyerinya sehingga gue nggak bilang siapa-siapa.
                Trus selain nyeri periodik tersebut, gue menemukan lendir di CD gue saat BAK. Lendir putih kayak putihnya telur gitu. Gue browsing di internet dan menemukan bahwa lendir itu termasuk tanda bahwa persalinan sudah deket, tapi masih ada kemungkinan sehari dua hari lagi baru ada pembukaan. Maka gue kembali nyantai. Malam makin larut, dan sakit di perut gue makin terasa. Plus periode bebas sakitnya pun makin menyempit, gue mulai curiga ini kontraksi beneran. Tapi berdasarkan teori yang gue inget, seorang primigravida (hamil pertama) biasanya lambat kemajuan pembukaannya. Jadi, gue nggak mau terburu-buru ke rumah sakit saat itu juga, mendingan juga tidur di rumah kalo pembukaan masih 1 atau 2. Akhirnya gue diem-diem aja dulu, menikmati sakit tersebut. Gue coba tidur, ternyata jam 12 malem gue kebangun karena sakit di perut gue tersebut. Walah, sakitnya udah mulai intens nih, udah bisa bikin gue kebangun. Gue mulai menghitung jaraknya, awalnya masih sekitar setengah jam sekali, lama-lama jadi 15 menit sekali. Saat gue BAK lagi ke kamar mandi ternyata lendir yang tadi kayak putih telor itu udah bercampur darah sekarang. Eng ing eng.....
                Tapi, gue keukeuh nggak mau heboh dulu. Gue memutuskan untuk berangkat ke rumah sakit abis sholat subuh aja. Toh sakitnya masih bisa ditahan, berarti belum kuat kontraksinya. Teuteup aja meskipun masih bis a ditahan, gue nggak bisa tidur lagi. Ngantuk banget sih, tidur tiap kontraksi ilang, tapi begitu kontraksi kerasa ya bangun lagi. Berhubung tiap 15 menit nyeri, ya jadinya tiap 15 menit bangun.
                Suami gue tidur pules di samping gue, tapi mungkin dia ngerasa gue nggak tidur-tidur ya, jadi jam 3an dia bangun. Gue bilang kayaknya abis subuh harus ke rumah sakit nih. Maka dia pun nggak tidur lagi sampe subuh dateng. Abis sholat subuh, baru deh gue ngabarin Mama kalo kayaknya harus ke rumah sakit. Berhubung satu dan lain hal, akhirnya baru bisa berangkat ke rumkit jam 7 pagi. Sakitnya mulai tidak tertahankan, tapi pada periode bebas sakit bener-bener ilang sakitnya. Lucu banget rasanya kalo dipikir-pikir sekarang.
                Sampe di rumah sakit gue langsung diperiksa pembukaannya. Ternyata baru pembukaan 2.  Ealah, masih lama dong. Kok sakitnya udah kayak gini? Mulai panik nik nik....tapi berusaha tetep santai. Gak lama Dokter dateng meriksa juga, memutuskan bahwa udah pembukaan 3. Oya, ajaibnya tensi gue mendadak tinggi: 140/90. Padahal meskipun kaki gue bengkak segede kaki gajah, selama ini tensi gue normal-normal aja. Dokter nyuruh gue diperiksa albuminuri-nya (kadar albumin dalam air seni). Selama menunggu hasil gue disuruh jalan-jalan dulu. Maka gue jalan-jalan mengitari rumah sakit, terus saat kamar udah tersedia gue tiduran deh di kamar mencoba menahan sakit.
                Jam 11 gue disuruh periksa pembukaan lagi ke kamar bersalin. Ya udah, gue ke sana. Tensi gue naek lagi jadi 150/100, pembukaan masih 3. Hasil lab udah dateng, dan albumin gue positif 2!!! Yak, gue mengalami preeklamsi berat. Gue mulai kebat-kebit nih, jangan-jangan disuruh operasi aja. Alhamdulillah, dokter gue memang nggak terlalu pro operasi, sehingga akhirnya tindakan yang diambil adalah induksi persalinan supaya nggak terlalu lama prosesnya. Maka gue pun diinfus oksitosin kanan kiri.
                Nah, ternyata nih perjuangan baru dimulai sejak diinfus itu. Kontraksinya makin terasa maknyuss, makin deket-deket, dan dalam waktu yang singkat. Gue mulai diinfus sekitar jam 1an sepertinya, sejam kemudian udah pembukaan 6-7. Sakitnya tak terbayangkan....Gue selama ini selalu menganggap diri gue bisa menahan sakit (bahkan sedikit masokis), ternyataaaaaa.......ada juga sakit yang nggak bisa gue tahan. Bayangin nih, saat sakitnya udah tak terperi begitu, dicek masih bukaan 6. Rasanya kayak frustrasi berkepanjangan. Apaaaa? Gimana kalo udah bukaan lengkap.
                Fase sejak diinfus sampe B-chan lahir bagi gue adalah fase yang samar-samar. Karena sakit gue nggak bisa berpikir jernih dan nggak bisa mengontrol diri lagi. Suami gue setia mendampingi di samping gue, juga beberapa bidan dan perawat bergantian masuk memberikan support. Tetep aja karena sakitnya gue nggak bisa lagi bercanda or anything. Puncaknya sekitar jam 2-3an, saat kontraksinya udah kurang dari 5 menit sekali. Gue cuman bisa teriak-teriak tak terkendali tuh, meskipun bidan-bidan yang datang hilir mudik sibuk mengingatkan kalo gue bisa keabisan tenaga karena teriak-teriak. Bahwa gue harus mengatur napas gue. Bahwa gue dokter masa begitu aja mesti diingetin.
                Dalem ati gue kesel banget, iya I know theory, gue pernah bantu persalinan dan gue pernah menemukan ibu-ibu yang teriak-teriak tak terkendali bikin kesel semua orang. Sekarang saat gue ada di posisi mereka, ternyata sama aja gue teriak-teriak tak terkendali. Akhirnya bidan-bidan itu menyerah dan cuman bilang, kalo mau teriak-teriak paling nggak teriakannya dzikir ya....Jadilah gue teriak Subhanallah, Astagfirullah, Allahu Akbar sekeras-kerasnya sampe keabisan tenaga sendiri. Rasanya capeeeeee banget teriak-teriak, tapi I can’t find another way to cope with the pain. Gue udah coba atur napas, sekali dua kali berhasil, tapi pas kontraksinya lagi kenceng banget nggak bisa lagi tuh ngatur-ngatur napas.
                Sekitar jam setengah 4 (akurasi waktu dipertanyakan karena gue bener-bener nggak aware lagi itu jam berapa) gue diperiksa dalem lagi, dan dengan senang hati bidannya mengumumkan bahwa pembukaan hampir lengkap. Dikit lagi lengkap, sabar ya bu….jangan ngeden2 dulu sampe bukaannya lengkap, tunggu dokter dateng. Setelah beberapa saat yang rasanya seabad berlalu, dokter pun dateng. Kemudian mengumumkan bahwa karena dia khawatir gue kejang saat ngeden, maka gue akan dibantu dengan vakum. Intinya gue nggak boleh ngeden lama-lama.
                Setelah tau mau divakum, Mama dateng dan nanya apa nggak mau dioperasi aja. Hueeeh….apa pula itu? Udah sampe bukaan lengkap kok masih minta dioperasi. Judulnya double pain dong. Nggak mauuu....Gak papa divakum aja.
                Maka setelah beberapa saat lagi yang rasanya seperti seabad lagi gue mulai merasa pengen pupup. Tapi gue masih nggak boleh ngeden karena bukaanya belum lengkap banget. Gue nggak tau lagi gimana ceritanya tu bukaan akhirnya lengkap apa nggak, karena gue mengikuti insting gue dan mulai mengeden-eden. Sang bidan langsung protes dan bilang ‘jangan dulu bu…’, gue nggak peduli gue teriakin aja, ‘nggak bisa ditahan!’, si bidan keukeuh, ‘bisa kok, atur napasnya bu…’. Aaaarghh…biarin, gue pun mulai mengeden-ngeden dengan nggak peduli.  
                Akhirnya entah gimana ceritanya gue diizinkan untuk ngeden. Kemudian gue denger suara vakum dinyalain, corong vakum ditempelin, dan karena tenaga gue udah ampir abis untuk teriak-teriak maka gue bahkan nggak kuat memposisikan diri setengah bangun untuk mengeden dengan bener. Akhirnya dibantu ditarik sama suami gue. Gue nggak tau deh ngedennya bener apa nggak. Pokoknya kata dokter jangan buka mulut, jangan keluar suara dan pas kontraksi. So I did it. Sepertinya gue nggak mengeden terlalu lama sampe sesuatu yang besar terasa keluar dari *you know where*, kemudian plooong…..kontraksinya berhenti dan rasanya plong.
                B-chan mana? B-chan mana? Itu yang ada di kepala gue. Saat gue denger tangisannya, gue langsung lupa sama sakit luar biasa yang gue rasain baru aja itu. B-chan ditempelin ke dada gue, prosedur IMD. Tapi karena B-chan lahir divakum, maka IMD-nya gagal karena cuman 5 menit ditempelin B-chan udah dibawa menemui dokter anak. Meskipun cuma 5 menit, memori itu melekat lebih kuat di kepala gue saat ini daripada nyeri kontraksi yang gue rasain selama berjam-jam itu. Itu fakta. Dulu gue nggak percaya bahwa sakit kontraksi bisa dikalahkan dengan melihat bayi kita lahir dengan selamat. Gue pikir nyeri ya nyeri aja. Tapi ternyata gue salah, nyerinya langsung ilang lang lang, bahkan memori tentang nyeri itu pun hanya jadi bayangan samar. B-chan lahir….B-chan menyapa dunia ini dengan tangisannya. Welcome to the jungle, Little One….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar